Selasa, 14 Juli 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Invertebrata Pertemuan 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Invertebrata Pertemuan 1

Satuan Pendidikan  : SMA 
Kelas / Semester     : X/Genap
Mata Pelajaran        : Biologi
Submateri                : Invertebrata
Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti
KI 1 . Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
2.1   Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.8   Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
4.8   Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1   Mendeskripsikan karakteristik berbagai  hewan Invertebrata.
3.8.2   Mengidentifikasi cara reproduksi berbagai hewan Invertebrata.
3.8.3   Mengklasifikasikan berbagai hewan Invertebrata.
3.8.4   Memberi contoh dan peranan  berbagai hewan Invertebrata.
4.8.1 Menyajikan data tentang karakteristik, cara reproduksi, klasifikasi, contoh dan peranan berbagai hewan Invertebrata dalam bentuk tabel.

D.  Tujuan Pembelajaran
3.8.1.1       Melalui pengamatan gambar, peserta didik mampu mendeskripsikan karakteristik berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
3.8.2.1       Melalui diskusi dan tanya jawab, peserta didik mampu mengidentifikasi cara reproduksi berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
3.8.3.1   Melalui pengamatan gambar, peserta didik mampu mengklasifikasikan berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
3.8.4.1       Melalui diskusi dan tanya jawab, peserta didik mampu memberi contoh dan peranan berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
4.8.1.1   Melalui diskusi dan tanya jawab, peserta didik mampu menyajikan data tentang karakteristik, cara reproduksi, klasifikasi, contoh dan peranan berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida) dalam bentuk tabel.

E.  Materi Pembelajaran
1.        Materi Fakta    : Filum Animalia (Terlampir).
2.        Materi Konsep : Ciri dan klasifikasi hewan Invertebrata yaitu Porifera,                                              Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida                                               (Terlampir).
3.        Materi Prinsip  : Peranan hewan Invertebrata dalam kehidupan (Terlampir).
4.        Prosedur          : Pengamatan terhadap Invertebrata (dalam bentuk gambar).



F.   Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik
Metode                   : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

a)   Guru mengucap salam.
b)  Guru mengarahkan peserta didik untuk berdoa.
c)   Guru mengabsen dan mengecek kesiapan peserta didik.
d)  Guru melakukan apersepsi dengan  bertanya kepada peserta didik tentang ciri-ciri hewan secara umum yang sudah dipelajarinya saat mempelajari kingdom Animalia di SMP.
e)   Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar hewan dari anggota filum Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, dan Nematoda, dan Annelida. Bertanya kepada peserta didikberdasarkan ciri-ciri umum yang tampak pada gambar, hewan-hewan ini termasuk dalam kelompok hewan apa ?” Dan terdapat pada filum apa saja ?”.
f)   Guru mengharapkan peserta didik menjawab hewan- hewan tersebut  merupakan kelompok hewan tanpa tulang belakang (Invertebrata) dan termasuk pada filum Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nematoda dan Annelida.
g)   Menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.

10 menit
Inti

1)  Mengamati
a)    Peserta didik ditugaskan untuk mengamati kembali gambar yang telah ditunjukkan sebelumnya.
b)   Peserta didik juga ditugaskan mengamati gambar hewan dari filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida dan membaca berbagai sumber mengenai pengklasifikasian setiap filum.
2)  Menanya
a)    Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah disimak, dibaca, dan dilihat.
b)   Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah: Apa yang membedakan anggota setiap filum dengan anggota filum-filum yang lain?.
c)    Guru menjelaskan materi filum Porifera, Coelenterata,Platyhelminthes,Nematoda, dan Annelida menggunakan Powerpoint.
3)   Mengumpulkan data
a)    Peserta didik dibentuk menjadi kelompok dan diminta mengerjakan LKS.
b)   peserta didik berdiskusi mengerjakan LKS.
4)  Mengasosiasikan
a)    Peserta didik menganalisis hubungan setiap ciri umum filum kingdom animalia dengan hewan-hewan yang termasuk kedalam filum tersebut dalam pengerjaan LKS.
5)  Mengkomunikasikan hasil
a)    Peserta didik mempresentasikan secara lisan hasil pengerjaan LKS.
b)   Meluruskan hal-hal yang dianggap kurang tepat dari hasil diskusi peserta didik dan menyampaikan materi yang relevan.
c)    Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.





5 menit









40 menit






5 menit



5 menit






15 menit
Penutup

a)    Peserta didik diminta menyimpulkan tentang ciri-ciri umum setiap filum.
b)   Guru memberikan tes tertulis soal filum (Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nematoda, dan Annelida).
c)    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
10 menit

H. Media dan Sumber belajar
1.  Media : Alat tulis, LKS, Powerpoint, dan Gambar Porifera, Coelenterata,                             Platyhelminthes, Nematoda, dan Annelida.
2. Sumber Belajar :
    Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
         Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi Untuk  SMA/MA Kelas  X. Bandung:                          Yrama Widya.
I.     Penilaian Hasil Belajar (Terlampir)
1.    Teknik Penilaian            : Sikap, Diskusi, dan Tes Tertulis (Essay).
2.    Instrumen penilaian       : Penilaian Sikap, Penilaian Diskusi, dan  Tes Tertulis                                         uraian.





Instrumen (Terlampir)

INSTRUMEN PENILAIAN  SIKAP

Materi                          Animalia
Sub Materi                   :  Invertebrata
Kelas/Semester            :  X/Genap
Hari/Tanggal                : 


No

Nama
Aspek Sikap
Jumlah
skor
Nilai
Kejujuran
Disiplin
Kerjasama
Tanggung
jawab
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







dst


















Rubrik Penskoran
No
Aspek Sikap
Skor
3
2
1
1.
Kejujuran
Tidak menyontek pekerjaan kelompok lain dan fokus pada pengerjaan tugas kelompok.
Tidak menyontek pekerjaan kelompok lain, tetapi tidak fokus pada pengerjaan tugas kelompok.
Menyontek pekerjaan kelompok lain dan tidak fokus pada pengerjaan tugas kelompok.
2.
Disiplin
Mengumpulkan tugas tepat waktu dan tugas terselesaikan semua
Mengumpulkan tugas tepat waktu, tetapi tugas tidak terselesaikan semua
Mengumpulkan tugas tidak tepat waktu dan tugas tidak terselesaikan semua.
3.
Kerjasama
Membantu teman kelompok dalam mengerjakan tugas dan menerima saran dari teman kelompok.
Membantu teman kelompok dalam mengerjakan tugas, tetapi tidak mau menerima saran dari teman kelompok.
Tidak membantu teman kelompok dalam mengerjakan tugas dan tidak mau menerima saran teman kelompok.
4.
Tanggung jawab
Menyelesaikan tugas dari kelompok dengan sesuai dan hasil pengerjaan baik.
Menyelesaikan tugas dari kelompok dengan sesuai, tetapi hasil pengerjaan asal-asalan.
Tidak menyelesaikan tugas dari kelompok dan hasil pengerjaan asal-asalan.

FORMAT PENILAIAN
Nilai :  


Instrumen (Terlampir)

INSTRUMEN  PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik                : .....................
Tanggal             : .....................
Jumlah Siswa    : ............ orang
                       
No
Nama Siswa
Menyampaikan pendapat
Menanggapi
Mempertahankan argumentasi
Jumlah skor
Nilai
3
2
1
3
2
1
3
2
1















                       
Rubrik :
-       Menyampaikan pendapat
1.        Tidak sesuai masalah
2.        Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.        Sesuai dengan masalah dan benar
-       Menanggapi pendapat
1.        Langsung setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.        Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.        Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
-       Mempertahankan pendapat
1.        Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.        Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.        Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi









Instrumen (Terlampir).
TES TERTULIS

1)   Deskripsikanlah ciri-ciri yang membedakan masing-masing filum Invertebrata (Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda, dan Annelida) ! masing-masing 1 ciri tiap filum.
2)   Tuliskan kelas dari filum Invertebrata (Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda, dan Annelida) ! masing-masing 1 kelas tiap filum.
3)   Berilah 1 peranan masing-masing filum Invertebrata (Platyhelmintes, Nematoda, dan Annelida) !
4)   Berilah 3 contoh masing-masing filum Invertebrata (Porifera dan Coelenterata,)!

Rubrik Penilaian
No
Kunci Jawaban
Pedoman Penskoran
1
Porifera :
a.    Tubuhnya berpori-pori.
b.    Tubuhnya terdiri dari dua lapisan sel (diploblastik).
c.    Berbentuk seperti vas bunga, mangkuk, atau bercabang.
d.    Melekat di dasar air.
e.    Pori-pori (ostium) berfungsi sebagai tempat untuk masuknya air yang mengandung bahan makanan ke dalam tubuh.
f.     Zat-zat makanan akan ditangkap dan akan dicerna oleh koanosit atau sel leher.
g.    Setelah makanan tercerna, oleh sel amoebosit, maka sari-sari makanan akan diedarkan ke seluruh tubuh.
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Porifera, mendapatkan skor 1.


Coelenterata :
a.    Memiliki rongga.
b.    Tubuhnya terdiri dari dua lapisan sel (diploblastik).
c.    Memiliki 2 bentuk dasar yaitu polip (melekat pada substrat) dan medusa (berenang bebas).

Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Coelenterata mendapatkan skor 1.


Platyhelmintes :
a.   Tubuh berbentuk pipih dan memanjang.
b.  Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan (triploblastik).
c.   Tidak bersegmen
d.  Bersimetri bilateral.
e.   Tidak memiliki leher.
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Platyhelmintes mendapatkan skor 1.

Nematoda :
a.    Tubuh berbentuk gilig seperti benang.
b.    Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan sel (triploblastik pseudoselomata).
c.    Permukaan tubuh dilapisi kutikula.


Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Nematoda mendapatkan skor 1.
Annelida :
a.   Bersegmen-segmen (menyerupai cincin)
b.  Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan sel (triploblastik).
c.   Tubuh panjang
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Annelida mendapatkan skor 1.

2
a.   Porifera : Calcarea, Hexatinellida, dan Demospongia.
b.  Colenterata : Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa.
c.   Platyhelmintes : Turbellaria, Trematoda, dan Cestoda.
d.  Nematoda : Adenophorea, dan Secernentea.
e.   Annelida : Polychaeta, Oligochaeta, dan Hirudinae.

Jika peserta didik menjawab 1 dari kelas tiap filum mendapatkan skor 1.


3
a.    Platyhelmintes: Cacing pita sapi (Taenia saginata) dapat menginfeksi manusia.
b.    Nematoda :
1)      Cacing gelang (Ascaris lumbricoides) merupakan parasit penyebab penyakit pada manusia.
2)      Cacing Wuchereria bancrofti menyebabkan penyakit kaki gajah pada manusia.
c.    Annelida :
1)   Cacing tanah berfungsi sebagai penggembur tanah, sumber pakan dan umpan untuk memancing ikan.
2)   Lintah (Hirudo medicinalis) berguna untuk pengobatan modern karena menghasilkan hirudin yaitu zat anti penggumpal darah.
Jika peserta didik menjawab 1 dari peranan tiap filum mendapatkan skor 1.

4
a.    Porifera : Scypa sp., Euplectella sp., Spongila sp.,
b.    Coelenterata : Hydra sp., Aurellia aurita., Metridium sp.,
Jika peserta didik menjawab 3 dari contoh tiap filum, mendapatkan skor 3.
Nilai Siswa      =   × 100
    Skor Max        =    19      Nilai Max       = 10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar