Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Invertebrata Pertemuan 1
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Semester : X/Genap
Mata
Pelajaran : Biologi
Submateri : Invertebrata
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 . Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3.Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap
data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi,
peduli lingkungan, gotong royong,
bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan
di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.8 Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
4.8 Menyajikan
data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan
perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1 Mendeskripsikan karakteristik
berbagai hewan Invertebrata.
3.8.2 Mengidentifikasi cara reproduksi berbagai hewan
Invertebrata.
3.8.3 Mengklasifikasikan berbagai hewan Invertebrata.
3.8.4 Memberi
contoh dan peranan berbagai
hewan Invertebrata.
4.8.1 Menyajikan data tentang karakteristik, cara
reproduksi, klasifikasi, contoh dan peranan berbagai hewan Invertebrata dalam
bentuk tabel.
D. Tujuan
Pembelajaran
3.8.1.1 Melalui pengamatan gambar, peserta didik mampu mendeskripsikan
karakteristik berbagai hewan Invertebrata
(Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
3.8.2.1 Melalui diskusi dan tanya jawab, peserta didik mampu mengidentifikasi
cara reproduksi berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata,
Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
3.8.3.1 Melalui pengamatan gambar, peserta didik
mampu mengklasifikasikan berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera,
Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
3.8.4.1 Melalui diskusi dan tanya jawab, peserta didik mampu memberi
contoh dan peranan berbagai hewan Invertebrata (Filum Porifera,
Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan Annelida).
4.8.1.1 Melalui
diskusi dan tanya jawab, peserta didik mampu menyajikan data tentang
karakteristik, cara reproduksi, klasifikasi, contoh dan peranan berbagai hewan
Invertebrata (Filum Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan
Annelida) dalam bentuk
tabel.
E. Materi
Pembelajaran
1.
Materi Fakta : Filum Animalia (Terlampir).
2.
Materi Konsep : Ciri dan klasifikasi hewan Invertebrata yaitu
Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda dan
Annelida (Terlampir).
3.
Materi Prinsip : Peranan hewan Invertebrata dalam kehidupan
(Terlampir).
4.
Prosedur : Pengamatan terhadap Invertebrata
(dalam bentuk gambar).
F.
Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru mengucap salam.
b) Guru mengarahkan peserta didik untuk berdoa.
c) Guru mengabsen dan
mengecek kesiapan peserta didik.
d) Guru
melakukan apersepsi dengan bertanya kepada peserta didik tentang ciri-ciri hewan secara umum yang sudah dipelajarinya
saat mempelajari kingdom Animalia di SMP.
e) Guru
memotivasi peserta didik
dengan menunjukkan gambar hewan dari
anggota filum Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, dan Nematoda, dan Annelida. Bertanya
kepada peserta didik
“berdasarkan ciri-ciri umum yang tampak pada gambar,
hewan-hewan ini termasuk dalam kelompok hewan apa ?” Dan terdapat pada filum
apa saja ?”.
f)
Guru mengharapkan peserta didik menjawab hewan- hewan
tersebut merupakan kelompok hewan tanpa tulang belakang (Invertebrata)
dan termasuk pada filum Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nematoda dan
Annelida.
g)
Menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Mengamati
a) Peserta didik ditugaskan untuk mengamati kembali gambar
yang telah ditunjukkan sebelumnya.
b)
2)
Menanya
a) Guru
membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai
apa yang sudah disimak, dibaca, dan dilihat.
b) Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah: Apa
yang membedakan anggota setiap filum dengan anggota filum-filum yang lain?.
c)
3)
Mengumpulkan data
a) Peserta didik dibentuk menjadi kelompok dan diminta
mengerjakan LKS.
b)
4)
Mengasosiasikan
a) Peserta didik menganalisis hubungan setiap ciri umum
filum kingdom animalia dengan hewan-hewan yang termasuk kedalam filum
tersebut dalam pengerjaan LKS.
5)
Mengkomunikasikan
hasil
a)
Peserta
didik mempresentasikan secara lisan hasil pengerjaan LKS.
b)
Meluruskan hal-hal yang dianggap kurang tepat dari
hasil diskusi peserta didik dan menyampaikan materi yang relevan.
c)
Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk
menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
|
5 menit
40 menit
5 menit
5 menit
15 menit
|
Penutup
|
a)
Peserta
didik diminta menyimpulkan tentang ciri-ciri umum setiap filum.
b) Guru
memberikan tes tertulis
soal filum (Porifera,
Coelenterata, Platyhelminthes, Nematoda, dan Annelida).
c) Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
H. Media
dan Sumber belajar
1. Media : Alat tulis, LKS, Powerpoint, dan Gambar Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nematoda, dan
Annelida.
2.
Sumber Belajar :
Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk
SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nurhayati,
Nunung. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Yrama
Widya.
I.
Penilaian Hasil Belajar (Terlampir)
1. Teknik
Penilaian : Sikap,
Diskusi, dan Tes
Tertulis (Essay).
2. Instrumen
penilaian : Penilaian
Sikap, Penilaian
Diskusi, dan Tes Tertulis uraian.
Instrumen (Terlampir)
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Materi : Animalia
Sub
Materi :
Invertebrata
Kelas/Semester :
X/Genap
Hari/Tanggal :
No
|
Nama
|
Aspek Sikap
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
|||
Kejujuran
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Tanggung
jawab
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
9.
|
|||||||
dst
|
Rubrik
Penskoran
No
|
Aspek Sikap
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kejujuran
|
Tidak menyontek pekerjaan kelompok lain dan fokus pada pengerjaan tugas
kelompok.
|
Tidak menyontek pekerjaan kelompok lain, tetapi tidak fokus pada pengerjaan tugas
kelompok.
|
Menyontek pekerjaan kelompok lain dan tidak fokus pada pengerjaan tugas
kelompok.
|
2.
|
Disiplin
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu dan tugas terselesaikan semua
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu, tetapi tugas tidak terselesaikan semua
|
Mengumpulkan
tugas tidak tepat waktu dan tugas tidak terselesaikan semua.
|
3.
|
Kerjasama
|
Membantu teman kelompok dalam mengerjakan tugas dan
menerima saran dari teman kelompok.
|
Membantu teman kelompok dalam mengerjakan tugas, tetapi
tidak mau menerima saran dari teman kelompok.
|
Tidak membantu teman kelompok dalam mengerjakan tugas
dan tidak mau menerima saran teman kelompok.
|
4.
|
Tanggung jawab
|
Menyelesaikan tugas dari kelompok dengan sesuai dan
hasil pengerjaan baik.
|
Menyelesaikan tugas dari kelompok dengan sesuai, tetapi
hasil pengerjaan asal-asalan.
|
Tidak menyelesaikan tugas dari kelompok dan hasil
pengerjaan asal-asalan.
|
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Instrumen
(Terlampir)
INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik :
.....................
Tanggal :
.....................
Jumlah Siswa :
............ orang
No
|
Nama Siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
Rubrik :
-
Menyampaikan
pendapat
1.
Tidak
sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.
Sesuai
dengan masalah dan benar
-
Menanggapi
pendapat
1.
Langsung
setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak
sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
-
Mempertahankan
pendapat
1.
Tidak
dapat mempertahankan pendapat
2.
Mampu
Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.
Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
Instrumen (Terlampir).
TES TERTULIS
1)
Deskripsikanlah ciri-ciri yang membedakan masing-masing
filum Invertebrata (Porifera, Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda, dan
Annelida) ! masing-masing 1 ciri tiap filum.
2)
Tuliskan kelas dari filum Invertebrata (Porifera,
Coelenterata, Platyhelmintes, Nematoda, dan Annelida) ! masing-masing 1 kelas
tiap filum.
3)
Berilah 1 peranan masing-masing filum Invertebrata
(Platyhelmintes, Nematoda, dan Annelida) !
4)
Berilah 3 contoh masing-masing filum Invertebrata
(Porifera dan Coelenterata,)!
Rubrik Penilaian
No
|
Kunci Jawaban
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Porifera :
a. Tubuhnya berpori-pori.
b. Tubuhnya terdiri dari dua lapisan sel (diploblastik).
c. Berbentuk seperti vas bunga, mangkuk, atau bercabang.
d. Melekat di dasar air.
e. Pori-pori (ostium) berfungsi sebagai tempat untuk
masuknya air yang mengandung bahan makanan ke dalam tubuh.
f.
Zat-zat makanan akan ditangkap dan akan
dicerna oleh koanosit atau sel leher.
g. Setelah makanan tercerna, oleh sel amoebosit, maka
sari-sari makanan akan diedarkan ke seluruh tubuh.
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum
Porifera, mendapatkan skor 1.
|
Coelenterata
:
a. Memiliki
rongga.
b. Tubuhnya
terdiri dari dua lapisan sel (diploblastik).
c. Memiliki 2 bentuk dasar yaitu polip (melekat pada
substrat) dan medusa (berenang bebas).
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Coelenterata
mendapatkan skor 1.
|
|
Platyhelmintes :
a. Tubuh berbentuk pipih dan memanjang.
b. Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan (triploblastik).
c. Tidak bersegmen
d. Bersimetri bilateral.
e. Tidak memiliki leher.
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Platyhelmintes
mendapatkan skor 1.
|
|
Nematoda :
a. Tubuh berbentuk gilig seperti benang.
b. Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan sel (triploblastik
pseudoselomata).
c. Permukaan tubuh dilapisi kutikula.
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Nematoda
mendapatkan skor 1.
|
|
Annelida :
a. Bersegmen-segmen (menyerupai cincin)
b. Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan sel (triploblastik).
c. Tubuh panjang
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari 7 ciri-ciri filum Annelida
mendapatkan skor 1.
|
|
2
|
a.
Porifera : Calcarea,
Hexatinellida, dan Demospongia.
b. Colenterata : Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa.
c.
Platyhelmintes : Turbellaria,
Trematoda, dan Cestoda.
d. Nematoda : Adenophorea, dan Secernentea.
e.
Annelida : Polychaeta,
Oligochaeta, dan Hirudinae.
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari kelas tiap filum
mendapatkan skor 1.
|
3
|
a. Platyhelmintes:
Cacing pita sapi (Taenia saginata)
dapat menginfeksi manusia.
b. Nematoda
:
1)
Cacing gelang (Ascaris lumbricoides) merupakan parasit penyebab penyakit pada
manusia.
2)
Cacing Wuchereria
bancrofti menyebabkan penyakit kaki gajah pada manusia.
c. Annelida
:
1) Cacing tanah berfungsi sebagai penggembur tanah, sumber
pakan dan umpan untuk memancing ikan.
2) Lintah (Hirudo medicinalis) berguna untuk pengobatan
modern karena menghasilkan hirudin yaitu zat anti penggumpal darah.
|
Jika peserta didik menjawab 1 dari peranan tiap filum
mendapatkan skor 1.
|
4
|
a.
Porifera : Scypa sp., Euplectella sp., Spongila
sp.,
b. Coelenterata
: Hydra sp., Aurellia aurita., Metridium sp.,
|
Jika peserta didik
menjawab 3 dari contoh tiap filum, mendapatkan skor 3.
|
Nilai Siswa =
× 100
Skor Max
=
19 Nilai Max = 10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar